8 Tips Buat Lo Yang Pengen Hemat Saat Travelling

travelling

Para traveller sejati biasanya berhasil mengunjungi tempat-tempat keren yang mereka inginkan bukan karena mereka punya segepok duit yang bisa dihamburin, melainkan mereka mampu mengatur keuangannya dengan sangat baik selama masa travellingnya. Nah buat lo yang suka travelling, nih gue kasih beberapa tips biar lo tetep bisa hemat saat travelling dengan budget yang pas-pasan. Cekidot kuy! :D

1. Rencanakan Travelling kamu se-detail dan matang

travelling
Sumber gambar: whatwouldsexyjesusdo.com

Perlu diakui ya gengs, traveling spontan atau dadakan memang seru dan menyenangkan, apalagi sama sahabat-sahabat dekat. Tapi dalam konteks ini kayaknya kurang tepat gengs, karena lo harus menghemat pengeluaran. So, kalian semua musti bikin perencanaan dari awal yang detil dan matang seperti bagaimana rute transportasi yang akan lo gunakan, mencari tahu tempat-tempat wisata yang menyenangkan namun juga murah, serta tempat makan yang sesuai dengan anggaran lo. :D

2. Cari harga tiket serta penginapan termurah atau hubungin temen lo biar bisa numpang nginep

travelling
Sumber gambar: travel-holiday.net

Ini point paling penting gengs! karena paling banyak menghabiskan anggaran, lo musti pinter-pinter cari tiket termurah dengan cara lo pesen itu tiket dari jauh-jauh hari dan pastinya ngga pas di hari libur nasional yaa. Karena biasanya harga tiket bisa jadi 2x lipat gengs. Untuk masalah penginapan, lo mungkin bisa menghubungi temen lama atau keluarga yang rumahnya bisa lo tumpangin buat nginep gengs, mayan kan buat hemat. Hehehe :D

3. Jangan belanja oleh-oleh dan souvenir, di kawasan wisata

travelling
Sumber gambar: pegi-pegi.com

Kalau lo pergi travelling, pastinya gak afdol kalau ngga beliin oleh-oleh minimal buat orang dirumah atau temen-temen lo. Nah, gue saranin nih gengs, kalau lo mau beli oleh-oleh dengan harga normal, lo jangan beli di kawasan wisata karena harganya pasti bakal mahal banget. Ya belinya di pusat oleh-oleh atau kalo bisa di pasar tradisional yang punya pilihan oleh-oleh lebih lengkap gengs. :D

4. Cari makanan khas di kaki lima aja

travelling
Sumber gambar: www.tribunnews.com

Nih gengs, kalau lo pengen icip-icip banyak jenis makanan khas daerah setempat, lo bisa jajan di kaki lima atau jajanan pinggir jalan. Dengan begitu, lo ngga perlu merogoh kocek yang mahal kan gengs. :D

5. Cari dan download travelling dan wisata didaerah setempat

travelling
Sumber gambar: www.offbeattravelling.com

Untuk trik yang satu ini pastinya paling gampang dong ya, kamu tinggal cari di Playstore atau AppStore dan donlot aplikasi travelling dan wisata didaerah setempat. Kalaupun ada, cari aplikasinya yang bisa dibuka dalam mode offline ya gengs alias tanpa kuota. Takutnya lo udah sampe pelosok, eh malah ga nemu sinyal. :D

6. Bawa makanan yang tahan lama dari rumah

travelling
Sumber gambar: santeaja.com

Demi menghemat pengeluaran ni gengs, lo bisa bawa bahan makanan darurat kaya abon, mie instan atau lainnya. Lumayan lho gengs buat menghemat pengeluaran. Tapi jangan selama travelling makan gituan mulu. Sakit malah jadi urusan ntar :D

7. Ngajak temen-temen biar bisa patungan kalo mendesak

travelling
Sumber gambar: myfamilytent.com

Untuk hal yang satu ini gengs, lo bisa aja ngajakin kengkawan buat travelling rame-rame biar makin hemat. Selain akan lebih menyenangkan, biaya yang lo keluarin bisa jadi lebih sedikit dibanding ketika melakukan perjalanan pribadi. Misalkan, ketika lo pengen makan, lo bisa pesen sepiring tapi dimakan berdua. :D

8. Gausah ngeluarin duit buat yang gak penting

travelling
Sumber gambar: travelpreuner.life

Ngga sadar kalau kalo mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sifatnya ngga darurat atau mungkin saja lo remehkan gengs seperti melaundry baju, membayar parkir, atau membeli air minum kemasan. Jika memungkinkan, lo bisa menyiasati dengan mencuci pakaian sendiri, mengambil minuman yang tersedia di penginapan dan parkir di satu tempat lalu mengunjungi tempat-tempat wisata dengan berjalan kaki. Kan lumayan tuh sehat. Kalo gue sih prinsipnya “kurang dari 500 meter, mending jalan kaki”. :D

Hemat bukan berarti lo ngga mampu untuk mengeluarkan uang lebih gengs. Hanya saja lo ngga perlu terlalu berfoya-foya untuk sekedar menjadikan liburan lo itu menyenangkan. Hanya saja kalau lo bisa memanfaatkan keadaan, buat apa musti boros gengs, mending ngeluarin untuk hal lain yang lebih bermanfaat kan gengs. Hanya saja.. hanya saja.. hanya saja mulu yak dari tadi :D

Sekian tips dari eug gengs, semoga bisa bermanfaat ya gengs. Hepi-hepi holiday gengs :D

Anak ugal-ugalan yang doyan bikin sajak. Hobi main Get Rich tapi ga pernah menang. Jangan lupa baca dan komen tulisanku biar makin cantik, amin.