7 Makanan Khas Sumatera yang Bikin Nagih

sumatera

Udah bukan rahasia umum kalo Indonesia terkenal sama kulinernya yang menggugah selera. Gimana engga coba? Dari Sabang sampe Merauke selalu ada makanan yang bisa bikin kita ga bisa nahan selera buat nyicipinnya. Kali ini kita bakal ngebahas kuliner khas Sumatera yang bikin nagih banget. Apa aja sih isinya? Nyok kita lokit bareng gengs :D

1. Nasi Padang

sumatera
Sumber: rentalmobilalfatih.com

Makanan satu ini pasti udah ga asing buat kita semua. Gimana engga? Hampir di setiap sudut kota Jakarta selalu ada penjual nasi Padang, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran bahu membahu menjajakan diri untuk menarik minat pengunjung. Buat elu yang belum pernah makan nasi Padang, elu termasuk golongan orang yang merugi boi.

 

2. Sate Padang

sumatera
Sumber: kitabmasakan.com

Awalnya eug bertanya-tanya, apa sih bahan dasar Sate Padang ntu? Setelah eug tau bahwa bahan dasarnya terbuat dari lidah Sapi, eug makin sayang dan cinta sama panganan sate ini. Ada rasa yang beda saat lidah kita ketemu sama lidah ntu Sapi boi. Selain itu, olahan bumbu kari serta lontong dan bawang gorengnya emang bikin selera untuk ngebadok ni panganan.

 

3. Gado-Gado Padang

sumatera
Sumber: masakanpraktisrumahan.com

Panganan asal Sumatera Barat ini emang jagonya bikin lidah bergoyang. Setelah Sate dan Nasinya, Padang masih punya Gado-Gado yang bikin kita ngeces pas ngeliat presentase makanannya. Kalo umumnya Gado-Gado terbuat dari bahan dasar sayuran serta bumbu kacang, panganan ini berbahan dasar Selada, Kol, Kentang dan Telur rebus serta saus Padang yang khas.

 

4. Babi Panggang Karo

sumatera
Sumber: katalogkuliner.com

Makan Babi ternyata tak semengerikan yang orang kira. Presentase dari Babi Panggang Karo (BPK) jauh dari kata menakutkan. Hal tersebut bisa dilihat dari sajiannya yang mirip sama Chicken Katsu yang super yummy ntu. Buat yang belon pernah cobain BPK, mending segera deh. Murah kok harganya. Worth it lah buat elu yang pengen makan enak sekaligus bergizi.

 

5. Rujak Tahu’

sumatera
Sumber: wikiresep.com

Panganan asal Medan ini secara presentasi ga jauh beda sama empek-empek. Kombinasi tahu, mie, beragam sayuran serta kuah yang mirip dengan cuko (kuah khas empek-empek) dijamin bakal bikin hari elu seger boi, sumveh.

 

6. Mie Aceh

sumatera
Sumber: dapurshofie.com

Mie Aceh terkenal akan rempahnya yang kuat serta mie nya yang besar-besar ntu. Selain itu, rasa pedas yang khas serta taburan beragam seafood yang dibalur dalam mie dijamin mampu menggugah selera siapapun yang tengah lapar. Untuk yang tinggal di Jakarta, panganan satu ini udah mulai banyak loh ditemuin di pinggir jalan. Segera coba yes.

 

7. Empek-Empek

sumatera
Sumber: indonesiawow.com

Rasanya kita ga perlu ngejelasin makanan ini, karena diantara elu semua pasti pernah icip-icip makanan khas Bumi Sriwijaya ini. Kalo belum pernah cobain, elu bener-bener mendustakan nikmat yang diberikan tuhan boi :D

Seseorang yang percaya bahwa sepakbola, uang, dan wanita adalah hal yang bisa membawa kebahagian dalam bahtera kehidupan. Dan jangan lupa baca terus artikel eug di dagelan supaya hidup lau berbinar-binar.