6 Rahasia Kegunaan Cangkang Telur Buat Hidup Lo

cangkang telur

Selamat gini hari gengs.. Seperti kita tau, telur emang udah menjadi salah satu sumber protein yang paling banyak di konsumsi seluruh lapisan masyarakat. Tapi, kamu pasti sering melupakan sosok kulit telur alias cangkang telur. Tanpa berpikir panjang biasanya kita langsung membuang kulit telur ke keranjang sampah. Padahal, kulit telur menyimpan banyak manfaat yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pengen tau apa manfaatnya? Yuk, kita cari tahu 6 manfaat cangkang telur untuk kehidupan sehari-hari. :D

1. Masker Wajah

cangkang telur
Sumber: lindasuciwati.yolasite.com

Ternyata, cangkang telur bisa kamu gunakan sebagai masker dan berkhasiat mengenjangkan kulit wajah gengs. Caranya kamu cuci terlebih dahulu kulit terlur lalu keringkan. Setelah itu kamu tumbuk hingga menjadi bubuk. Campur bubuk kulit telur dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah dan tunggu sampe kering deh. :D

2. Amplas

cangkang telur
www.perutgendut.com

Yang suka masak indomie pake telur pasti sering ngalamin susahnya nyuci panci yang kena kerak bekas rebusan telur kan? Nah kamu bisa gunain cangkang telur buat ngilanginnya gengs. Caranya kamu hancurkan cangkang telur (tapi tidak sampai menjadi bubuk). Lalu kamu campur dengan sabun pencuci piring yang biasa kamu gunakan, setelah itu kamu bersihkan bagian dasar panci atau wajan deh. :D

3. Pupuk Tanaman

cangkang telur
Sumber: www.risalahkita.com

Selama ini yang banyak kita temuin kan cuma pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan sama pupuk kompos dari daun-daun kering. Nah ternyata cangkang telur juga bisa dipakai buat pupuk nih gengs, karena cangkang telur itu mempunyai zat mineral yang bermacam-macam. Caranya simpel, remukin, taburin di pot deh, selesai.. :D

4. Ngilangin Pahitnya Kopi

cangkang telur
Sumber: www.qberitakan.com

Kalo kamu gak suka kopi original tapi gak terlalu pait, kamu cukup seduh kopi, terus celupin cangkang telur deh. Hal ini dikarenakan cangkang telur mengandung zat kalsium karbonat yang mampu menghilangkan pahitnya kopi. Kalo udah, tinggal saring deh ke gelas. Ngopi cantik deh.. :D

5. Pengusir Bekicot Nakal

cangkang telur
Sumber: id.allforwall.net

Bagi yang rumahnya suka kedatangan tamu lemot dah rapuh ini, kamu bisa mengusirnya secara halus dengan kulit telur gengs. Caranya cukup menaburkan kulit telur yang telah dihaluskan. Cangkang telur juga bisa mengusir ulat pemakan batang menggerogoti tanaman kecuali mengusir mantan yang datang ke rumah kamu lho, ya. Hehehe. :D

6. Kerajinan Tangan

cangkang telur
Sumber: www.idepeluangbisnis.info

Buat yang rajin aja nih. Hehehe.. Soalnya agak susah kalo mau bikin kerajinan tangan seperti ini. Sebab, kulit telur mudah rusak apabila diperlakukan terlalu keras. Maka dari itu, diperlukan kesabaran dan katelatenan agar hasil yang diperoleh juga baik. :D

Na, itu tadi beberapa manfaat kulit telur yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Daripada penuh-penuhin tong sampah, mending dimanfaatin gengs. Jangan lupa cobain yaa.. Kalo bisa, tulis di kolom komen, biar nanti temen-temen lain ngikutin :D

Anak ugal-ugalan yang doyan bikin sajak. Hobi main Get Rich tapi ga pernah menang. Jangan lupa baca dan komen tulisanku biar makin cantik, amin.