6 Alasan Skripsi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa Kadaluarsa Detected

Mahasiswa Kadaluarsa

Hey genkz! Ada mahasiswa kadaluarsa ga di sini? Yang udah mengendap di kampus ga lulus-lulus gitu? 90 persen mahasiswa (asal aja sih…sok tau) yang udah kuliah semester dua digit dan ga kunjung wisuda itu biasanya disebabkan oleh satu hal yang bernama skripsi atau tugas akhir atau karya tulis ilmiah atau apalah itu. Memang sih skripsi itu jadi penghambat utama seorang mahasiswa jadi susah lulus. Nah, ada beberapa alasan nih kenapa skripsi itu tak kunjung usai. Yaa intinya sih karena ga dikerjain, gimana mau selesai. Hahaha, Oke gini, inilah alasan kenapa skripsi ga dikerjain jadinya ga selesai-selesai, cekidot :D

 

1. Terlalu Banyak Revisi

skripsi
Sumber: beritajogja.id

Skripsi identik dengan revisi. Ibarat kata nih, skripsi tanpa revisi bagaikan revisi tanpa skripsi (lah bodo amath). Bikin skripsi emang ga bisa sekali jadi, selalu ada aja revisi menanti. Dan yang jadi bahan revisi pun kadang cuma hal-hal sepele dan membingungkan. Misalnya, kemarin disuruh ganti spasi jadi 1,5 terus ganti lagi jadi 2 eh ganti lagi jadi 1,2532. Nah, kalo udah keseringan revisi gini lama-lama jadi males juga buat ngerjain. :D

 

2. Dosen Pembimbing Susah Ditemui

skripsi
Sumber: bintang.com

Kalo kita dapet dosen pembimbing yang super sibuk dan selalu bilang ke luar kota, ke luar negeri, ataupun ke luar angkasa, siap-siap aja deh skripsi bakalan terbengkelai. Dosen kaya gini nih ga pernah ngeluangin waktu buat kita (dosen pembimbing, yang kamu lakukan ke saya itu…JAHAT). Giliran bilang mau ketemuan buat revisi eh ternyata cuma PHP. Kesimpulannya, dosen pembimbing itu kaya gebetan bertepuk sebelah tangan deh :D

 

3. Sibuk Kerja

skripsi
Sumber: news.okezone.com

Ga sedikit nih mahasiswa yang kuliah sambil kerja buat bayar kuliah atau cuma sekedar nambah uang jajan. Dan kalo ternyata udah punya pekerjaan tetap atau selalu dapet proyek sana-sini jadinya punya duit banyak, mau ngerjain skripsi juga ditunda-tunda. Jadi lebih fokus ke pekerjaan yang bisa ngasilin duit dong. Secara emang ngerjain skripsi itu ngabisin duit banget. Buat ngeprint-lah, buat jilidlah, buat ngopi kalo begadang sama buat beli kuota browsing. :D

 

4. Sibuk Ikut Organisasi

skripsi
Sumber: hipwee.com

Kalian termasuk mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat)? Buat yang waktu kuliah sering jadi aktivis kampus nih, pasti ada juga yang terhambat skripsinya karena terlalu sibuk. Jadi anggota BEM, jadi panitia event-event kampus, rapat tiap hari pasti bikin ga ada waktu buat ngerjain skripsi. Tapi, yang beginian biasanya punya temen banyak, channel dimana-mana dan terkenal di kampus :D

 

5. Belum Siap Lulus

skripsi
Sumber: nyunyu.com

Jarang sih yang begini tapi ada kok. Karena belum siap lulus untuk menghadapi dunia nyata yang sesungguhnya dan bertemu dengan dunia kerja. Mahasiswa tipe ini milih menunda dulu kelulusannya. Yaa masih mau belajar dulu dan mempersiapkan mental karena mungkin di daerah asalnya, menyandang gelar sarjana itu suatu tanggungjawab dan beban yang besar. Ga jarang deh jadinya diserbu dengan pertanyaan, “Kapan wisuda?” Huehue.. :D

 

6. Males Aja Titik

skripsi
Sumber: pulsk.com

Kalo yang ini ga usah dijelasin panjang lebar lah yaa. Yaa intinya males aja gitu. Masih pengen seneng-seneng dulu, main sama temen, pacaran dan lain-lain. Yang begini sih jangan dicontoh yaa genkz :D

Itu dia genkz beberapa alasan kenapa skripsi tak kunjung usai. Yaa pokoknya apapun yang terjadi cobalah berusaha buat menyelesaikan semuanya. Karena itu salah satu cara buat ngebahagiain orang tua kita juga :D

 

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.