5 Makanan Indonesia Yang Mahal di Luar Negeri

Makanan Indonesia

Hai gaes! Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harusnya bangga lho dengan keanekaragaman kuliner khas negeri sendiri yang sudah mendunia. Apalagi, makanan-makanan Indonesia justru memiliki daya jual yang jauh lebih mahal, kalau di jual di negera tetangga. Nah, mau tahu apa saja sih makanan-makanan yang dimaksud tersebut ? Yuk, kita intip… :D

1. Mie goreng instan

Makanan Indonesia
Sumber : bagaimana-cara.net

Buat anak kost di Indonesia, makan mie goreng instan mungkin sudah menjadi santapan sehari-hari menjelang akhir bulan karena harganya yang relatif murah. Tapi jangan salah lho, mie instan yang rasanya juara banget ini justru 4x lebih mahal di Tokyo, Jepang yakni seharga 85 yen atau setara dengan Rp 9000 :D

2. Soto ayam

Makanan Indonesia
Sumber : resepmasakandapurarie.com

Kalau biasa soto ayam disini kita beli dengan harga Rp 12-15 ribu, lain hal jika di Belanda. Pasalnya, di negeri kincir angin tersebut harga semangkuk soto ayam mencapai 12 Euro atau setara dengan Rp 180.000. Wow! :D

3. Sate ayam

Makanan Indonesia
Sumber : s541.photobucket.com

Sate ayam di Indonesia biasanya bisa kita beli dengan harga relatif murah sekitar Rp 15-20 ribu. Tapi, jangan salah kalau kamu main ke Jerman harga satu porsi sate ayam dibanderol dengan harga 10 Euro atau setara dengan Rp 150.000 :D

4. Bakso

Makanan Indonesia
Sumber : fiermanmuch.com

Nggak usah jauh-jauh ke Eropa, semangkuk bakso di negara tetangga sebelah alias Singapura biasanya dibanderol dengan 5 dollar alias Rp 50.000. Kalau di Indonesia, kira-kira harga segitu sudah dapat berapa mangkuk ya gaes? :D

5. Pisang goreng

Makanan Indonesia
Sumber : www.vemale.com

Pisang goreng yang banyak di jual di gerobak penjual gorengan di Indonesia, biasanya dibanderol dengan harga Rp 1000 saja. Tapi, kalau kamu berkunjung ke Belanda harga segitu kayaknya nggak akan cukup buat beli pisang goreng deh, gaes. Sebab, di Belanda harga satu buah pisang goreng dipatok dengan harga 5 euro atau setara dengan Rp 75.000 :D

Setelah tahu bahwa kuliner khas nusantara ini harganya ‘meweh’ banget di mata dunia, kira-kira bakal bikin kamu menghargai kuliner khas negeri sendiri gak nih gaes ? semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya gaes… :D

Wanita penguasa isu, meski kejujuran tetap nomor satu. Always believe that there is a light that never goes out :D