5 Buah Unik Ini Cuma Tumbuh Di Tanah Papua Loh Gengs!

Papuan protesters, with their bodies and faces painted displaying the banned Morning Star flag, shout at a rally marking the 50th anniversary of the region's claim to independence in eastern Indonesia's restive region of Papua, at a demonstration in Jakarta on December 1, 2011. On December 1, 1961, Papuans first raised the Morning Star flag and sang a new national anthem after being granted freedom from more than 130 years of Dutch colonial rule. Displaying separatist symbols such as the Morning Star is considered an act of treason in Indonesia under the criminal code and several perpetrators are serving 20-year jail terms for the offence.   AFP PHOTO / Bay ISMOYO

Kalau ngomongin pulau mutiara hitam dari timur alias Papua rasanya ngga ada abisnya ya gengs. Selain keanekaragaman budaya yang indah ada disana, Papua juga punya destinasi wisata yang paling terkenal yaitu Raja Ampat. Bukan cuma itu aja gengs, pulau yang memiliki emas berlimpah ini juga memiliki kekayaan flora dan fauna. Nah, yang mau eug bahas disini adalah 5 buah unik yang cuma tumbuh di Papua. Apaan aja sih? Scroll terus dah gengs!

1. Musa Ingens, Pisang khas Papua

buah unik
Sumber gambar: lenterajogja

Kayaknya, kalo cuma buah pisang mah bisa kita temuin di mana aja ya gengs. Eits, jangan salah bedanya buah pisang yang ada di Papua ini adalah ukurannya yang gede, panjangnya aja hampir menyerupai lengan orang dewasa. Pohonnya aja bisa tumbuh sampai 15 m gengs. Oh iya, meskipun besar dan kelihatan lezat, sayangnya pisang terbesar di dunia ini tak bisa kamu nikmati gengs, karena ternyata rasanya gak semanis yang kalian kira alias hambar. Wah, sayang banget ya. Tapi kalo dicocol pake susu kental, enak kali ya! Siapa tau penemuan :D

2. Rabon Bi, obat mujarab

buah unik
Sumber gambar: globalherbal-solusi

Rasanya agak asing ya gengs untuk mengenal buah unik yang bernama Rabon Bi ini. Tapi, enggak untuk orang Papua gegs, pasalnya buah ini cuma ada di Papua doang hehehe.. Kalau dilihat dari bentuknya, buah ini mirip jambu ya gengs. Hanya saja beda di tepiannya yang berserat dan warnanya selalu hijau. tapi, buah ini bukan untuk dimakan gengs, melainkan dijadikan obat khusus untuk mata. Caranya, meneteskan sari patinya. Iyyuuhh perih gak yaa? :D

3. Buah Merah, buah ajaib

buah unik
Sumber gambar: job-like

Ada lagi nih gengs buah unik khas Papua yang bernama buah merah. Seperti namanya, seluruh buah merah ini berwarna merah. Biasanya, buah merah dipakai sebagai santapan pendamping orang-orang Papua ketika melakukan tradisi Bakar Batu. Rasa buah ini nggak hanya enak, tapi juga mengandung berbagai khasiat. Banyak orang yang percaya,  bahwa buah ini mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit mengerikan seperti diabetes, hipertensi, jantung, bahkan kanker karena kaya akan zat antibody. Wah wah, istimewa sekali ya. :D

4. Bitangur, BBM cadangan

buah unik
Sumber gambar: dheni-yulistianto

Buah unik bernama bitanggur ini mengandung minyak yang bisa dipakai sebagai bahan bakar. Cara bikinnya gampang banget gengs, kamu keringkan buah bitanggurnya. Lalu saring sampai minyaknya keluar. Uniknya gengs, buah yang ngga kenal musim ini bisa jadi solusi cerdas sewaktu-waktu BBM di sana telat datang. :D

5. Matoa, Khas papua yang sudah go national

buah unik
Sumber gambar: daherba

Nah, kalo buah unik yang satu ini kayaknya udah sering denger bahkan udah nyicipin juga ya gengs. Buah Matoa ini bisa didapatkan dengan mudah di supermarket atau pasar. Kalau dari fisiknya mirip dengan alpukat, mangga, atau kedondong yang berwarna hijau. Tapi, bagian dalamnya berwarna putih. Rasanya sendiri manis-manis gimanaa gitu, seperti kombinasi antara kelengkeng dan juga durian. Pokoknya enak deh! :D

Itulah 5 buah unik yang hanya tumbuh di Papua. Minat buat nyobain? Cuss terbang ke Papua gengs. Heheehe :D

Anak ugal-ugalan yang doyan bikin sajak. Hobi main Get Rich tapi ga pernah menang. Jangan lupa baca dan komen tulisanku biar makin cantik, amin.