5 Alesan Kenapa Desain Grafis Itu Bukan Desain Gratis

desain grafis

Kamu anak desain? Atau temen kamu anak desain? Dibalik sosoknya yang keliatan keren (tsah!) ternyata orang desain itu penuh dilematis loh. Apalagi kalo menyangkut kerjaan yang berhubungan sama klien udah gitu kliennya masih kenalan sendiri. Karena dipikir desain cuma modal ngotak-ngatik depan komputer aja, bukan berarti kamu boleh ngebayar mereka pake sebungkus rokok aja, apalagi gratis karena desain grafis itu bukan desain gratis :D

1. Ngedesain itu Harus Mikir

Desain Grafis
Sumber : thealternativedaily.com

Ini yang paling menguras energi saat mendesain. Bayangin aja desainer harus menyatukan berbagai visi beberapa kepala termasuk idealis dia sendiri ke dalam sebuah desain agar terlihat ciamik. Makanya jangan buru-buru ngasih deadline yah :D

2. Ngedesain itu Butuh Komputer yang Mumpuni

Desain Grafis
Sumber : colorburned.com

Emang sih desain yang bagus itu lebih ke konseptual dibanding eksekusi. Tapi saat akan dieksekusi kan butuh alat yang mumpuni termasuk komputer. Apalagi kalo udah masuk ke animasi atau 3D. Masa iya tega cuma dibayar pake rokok?

3. Ngedesain itu Sekolahnya Mahal

Desain Grafis
Sumber : siskyous.edu

Ngga cuma kuliah kedokteran aja yang mahal, desain juga. Emang sih ngga sampe semahal kedokteran, tapi anak desain kan juga harus beli alat-alat kaya cat, drawing pen, kertas, spidol, pensil warna, macem-macem pensil gambar, buku gambar, komputer, belum lagi buat nyetak tugas yang banyak banget :D

4. Ngedesain itu Butuh Keberanian

Desain Grafis
Sumber : designbuddy.com

Saat mendesain pasti desainer suka ragu-ragu, kira-kira udah oke belum yah? Udah sesuai sama permintaan klien belum yah? Takutnya udah bikin capek-capek malah ngga sesuai. Sukur kalo cuma direvisi minor aja, kalo sampai dirombak? Belum lagi kalo kliennya itu judes. Udah minta murah malah judes, huffft!! :D

5. Ngedesain itu Butuh Makanan Sehat

Desain Grafis
Sumber : daily.jstor.org

Karena desainer itu harus mikir dan itu sangat menguras energi. Ujung-ujungnya pasti laper. Emang sih bisa ngemil, tapi kalo kebanyakan ngemil kan lama-lama jadi ngga sehat udah gitu bikin otak jadi oneng. Makanya desainer itu butuh asupan makanan bergizi yang bagus buat mata & otak juga :D

Gimana gengs, kamu mulai paham kan kenapa desain itu seharusnya ngga murah? Tapi yang namanya ada harga yah ada kualitas sih. Boleh aja kamu dapet harga desain murah, tapi berkualitas ngga? :D

Desainer Grafis yang doyan makan gratis :D