5 Alat Tulis Jadul yang Bikin Kita Bersyukur Lahir di Era Modern

alat tulis jadul

Banyak adik-adik atau bahkan pengalaman kita sendiri gaes mengeluh malas belajar dan sulit memahami pelajaran. Ada-ada saja alasannya. Entah karena bobot materi yang terlalu berat atau guru yang tidak cocok ya gaes. Di tengah zaman yang sudah modern, generasi muda sekarang seharusnya bersyukur bisa menikmati sekolah dengan mudah, tak seperti murid-murid di masa lalu.

Bila ditengok ke belakang, anak-anak zaman dulu harus berjuang demi bisa mengenyam bangku pendidikan. Misalnya harus menyeberangi sungai atau berjalan sejauh 2km dengan akses yang tak mudah menuju sekolah, war biasa ya gaes. Belum lagi soal alat tulis. Mereka harus membawa alat tulis jadul yang jauh dari kata praktis. Apa saja contohnya kuy mari kita simak mari simak sama-sama :D

1. Pena Bulu

Alat Tulis
Sumber : http://www.orbitdigital.net

Kengkawan Sering melihat tokoh-tokoh film kolosal menulis surat? Mereka kebanyakan menggunakan alat tulis berbentuk bulu. Yap, betul, alat tulis jadul ini memang terbuat dari bulu burung. Pena ini ditemukan sekitar tahun 700. Bahan baku yang paling bagus dialah menggunakan bulu burung yang hidup di musim semi. Sekitar 1.000 tahun alat ini dipakai untuk kegiatan tulis-menulis gaes :D

2. Pena Jarum

Alat Tulis
Sumber : http://jadiberita.com

Zaman dulu kala nih gaes, orang Yunani sekitar tahun 1.700 SM menemukan pena jarum untuk tulis menulis. Bentuknya mirip jarum nih. Ngerinya, alat tulis ini terbuat dari tulang, besi, atau gading yang digoreskan ke lempengan kayu. Lempengan ini sudah dilapisi lilin dan dibuat berpasangan supaya dapat ditutup agar tulisan tak hilang :D

3. Grip

Alat Tulis
Sumber : http://2.bp.blogspot.com

Grip ini istilahnya seperti pensil zaman sekarang gaes. Bentuknya memang mirip kok, namun hanya bisa digunakan dengan sabak. Istilahnya, mereka digunakan secara berpasangan. Di era ini, sabak dan grip sangat langka dan hanya dapat ditemukan di museum :D

4. Sabak

Alat Tulis
Sumber : http://1.bp.blogspot.com

Sabak ialah buku tulis zaman dulu gaes. Maklum, pada masa lampau belum ada buku tulis seperti yang bisa dinikmati anak-anak sekolahan masa kini. Sabak sangat berat karena terbuat dari lempengan batu karbon segi empat. Jadi pelajaran yang sudah dipelajari langsung harus di hafal gaes, jika tidak sabak nya akan dihapus untuk keperluan belajar esok harinya, waduh lumayan menantang ya belajar pake sabak sebenrnya hihi, menulisnya menggunakan grip yang berbentuk mirip dengan pensil :D

5. Sempoa

Alat Tulis
Sumber : http://posronda.net

Zaman dulu nih gaes belum ada yang namanya pakai kalkulator. Karena itu, anak-anak sekolah menggunakan sempoa untuk kegiatan hitung-menghitung. Karena sempoa inilah mereka jadi tak malas, seperti anak-anak sekarang yang telanjur gemar mengandalkan kalkulator :D

Nah itu dia, alat tulis jadul yang kalo kita pake di masa kini ribet banget. Gimana gaes, sulit bukan hidup di masa lalu udah gitu ga ada google juga gaes, wah repot deh hihi :D

Heeyho, nama gua Ones. Hobi gua makan kalo laper, minum kalo haus, tidur kalo ngantuk. Oh ya mampir ke :Dagelan pasti belum josss kalo gak baca tulisan gua.